SDN SUKUN 3 MALANG

 






SDN SUKUN 3 SEKOLAH BERPRESTASI DALAM BIDANG ADEMIK SANTUN DALAM BERTINDAK DAN TAQWA DALAM BERAGAMA

 


SDN Sukun 3 adalah sekolah dasar yang didirikan sejak tahun 1975, yang terletak di jalan Rajawali nomor 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. SDN Sukun 3 terdiri dari 361 siswa untuk tahun pelajaran 2020/2021 ini, yang berasal dari masyarakat sekitar kelurahan Sukun dan dari luar kecamatan Sukun. Yang diasuh dan dibina oleh 21 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang hampir seluruhnya berkwalifikasi S1 dan 1 tenaga kependidikan berkwalifikasi S2.

 SDN Sukun 3 selalu mendapat peringkatdalam prestasi akademik di Kota Malang, ini terbukti dari hasil perolehan nilai ujian akhir. Dalam Try out klas VI yang diselenggarakan oleh Lembaga Ma’arif se kota Malang, juga memperoleh peringkat sepuluh besar dan memperoleh tropi 2 orang yaitu peringkat VI dan peringkat X.



Dalam lomba-lomba juga sering memperoleh kejuaraan dari tingkat kecamatan maupun tingkat kota, baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik. Dalam tahun 2016 SDN Sukun 3 sudah memperoleh tropi sekitar 20 dari bebagai macam lomba bina kreatifitas siswa, O2SN, PAI dan Kepramukaan , baik tingkat gugus maupun tingkat kecamatan. Dan prestasi seperti itu sudah sering kali diperoleh SDN Sukun 3.

Prestasi  semacam ini dapat diraih berkat kerjasama dan kerja keras dari Bapak/Ibu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam membimbing siswa-siswi SDN Sukun 3. Disamping itu juga berkat ketekunan, keuletan dan kepatuhan para siswa, serta tak kalah pentingnya peran serta dari orang tua siswa. Sehingga SDN Sukun 3 dapat meraih prestasi.

                Hal-hal yang dilakukan SDN Sukun 3 sehingga dapat meraih prestasi yang gemilang adalah

1.       Dalam bidang akademik SDN Sukun 3 secara rutin mengadakan les pagi dan siang untuk kelas 4 dan 5, Try Out khusus untuk kelas 6. Khusus untuk Try Out kelas 6 SDN Sukun 3 secara rutin tiap tahun mengikuti Try Out dari Lembaga Ma’arif Kota Malang, Radar Malang, Kecamatan dan Interen sekolah SDN Sukun 3 sendiri.


2.     


Dalam bidang Kepramukaan SDN Sukun 3 Malang telah meraih Juara I Baik Regu PA maupun Regu PI dalam seleksi Cabang East Java Scouts Challenge 2K15 yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur pada tanggal 28 Februari  s/d  5 Maret 2015 di Bumi Perkemahan Rampal Kota Malang.

 


 

 


3.       Dalam bidang pembinaan bakat dan minat siswa adalah sebagai berikut :

DAFTAR ISIAN KEJUARAAN / PENGHARGAAN

 

No

Nama Kejuaraan/penghargaan

Penyelenggara

Tingkat

Peringkat

Tahun

1

Ajang Prestasi Anak Negeri I

Tingkat Se-Jawa Bali

AstyStar Management dan Creative Star

Jawa-Bali

I

2017

2

Perkemahan Hari Pramuka

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sukun

Kecamatan

II

2017

3

Lomba Mendongeng

Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah

Kota

Harapan I

2017

4

Lomba Gambar Koleksi Museum MPU Purwa

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Kota

Harapan II

2019

5

Poster Contest

Lion International Peace

Malang Raya

II

2019

 



Selain berprestasi  SDN Sukun 3 juga mengembangkan pembiasaan kepada seluruh siswanya agar selalu santun bertindak dan taqwa kepada Tuhan YME. Dalam hal ini para pendidik selalu menanamkan sopan santun dan selalu menghormati orang tua dan gurunya melalui pembiasaan berjabat tangan saat datang dan mengucap salam setiap masuk ruangan, baik ruang kelas, ruang guru maupun ruang kantor kepala sekolah. Sedangkan untuk menamkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa SDN Sukun 3 juga selalu membiasakan kepada setiap siswa dan seluruh warga sekolah untuk selalu berdoa sebelum pelajaran dimulai dengan membaca surat Al Fatihah, doa belajar, dan Asmaul Husnah bagi yang beragama Islam, serta diadakan doa bersama ( Istighotsah) setiap hari Sabtu pagi sebelum pelajaran dimulai.

 








 


 

 

Komentar